Selasa, 12 Mei 2015

Martabak Har ; Indian Food

Halo!



India.
Apasih yang terlintas dalam benak temen temen klo denger nama Negara ini?
Tarian nya kah? Film Bollywood nya kah? Atau titik merah yang ada di kening itu? Hahahaha.

Apapun yang temen temen pikirin, yang jelas kali ini gue gak bahas itu semua hahahaha. Yang mau gue bahas dari Negara India ini adalah kuliner nya *teteup*

Jadi, beberapa waktu lalu, pacar gue yang notabene nya kerja di tempat yang pimpinan nya orang India itu, pernah diajak makan makanan khas India. Dan akhirnya, pengalaman pernah diajak makan makanan khas India bareng sama pimpinan nya itu, jadinya si pacar sekarang ngidam gitu, bilang ke gue klo doi lagi pengen makan nasi biriyani. Nah loh…. Bagus nasi biriyani kan bukan nasi biri biri (?)

Biasanya kan gue yang kepengenan makan apa gitu, kali ini pacar yang pengen, jelas lah langsung gue iyain, hehehe, dan sore balik kerja,kita langsung meluncur ke salah satu tempat makan yang menjual makanan khas India itu. Lokasi nya ini daerah Hayam Wuruk, klo dari arah Majapahit, lewatin dulu Halte Central Harmoni, puter balik setelah Gajah Mada Plaza. Terus fokus aja disebelah kiri yaa, karna resto nya ada di sebelah kiri. Namanya Restaurant Martabak Har Indian Food.


Tempat nya agak nyempil emang tapi di pinggir jalan kok, pinter pinter mata nya kita aja jeli yaa pas nyari nya. Begitu sampe, parkir di depan resto nya, pas nyampe, di teras bagian depan, ada tempat masak memasaknya gitu, semacam dapur kecil, jadi kita bisa lihat proses pembuatan martabak atau roti nya gitu.

Terus, kita masuk, ruangan nya cukup besar, ada meja sekitar 6-8 dengan masing masing seat nya 4-6. Pas kita sampe emang gak terlalu rame, mungkin karna jam jam nya orang masih dijalan dengan kemacetan Jakarta yang khas itu. Gak lama setelah duduk, kita diberikan menu sama pelayan nya yang muka nya emang India gitu hahahaha, klo lagi gak bawa pacar sih pengen nya kenalan *eeeh*

Bolak balik menu, akhirnya gue memutuskan untuk pesen Martabak Har khas Palembang (telur ayam), dan pacar gue pastinya pesen yang udah dia idam idamkan yaitu Nasi Biriyani Kambing (Lamb Biriyani). Untuk minumannya sih kita pesen standar aja, hehehe Teh Tawar hangat.

Sambil nunggu makanan nya dateng, gue memutuskan untuk motoin menu nya dulu, buat info ke temen temen juga sebelum berkunjung kesini, jadi bisa tau makanan dan minuman apa yang tersaji disini.






Selesai motoin menu, eh pas banget makanan nya dateng, ini dia makanan yang bikin ngiler dari bentukannya hahaha, Martabak Har khas Palembang (telur ayam), 

20k
bentuk martabaknya emang kaya martabak telor kok tapi yang bikin beda itu kuah nya dan isian nya, dengan ukuran selebar piring yang tampak difoto, martabak ini isian nya telor, daging, dan gakpake sayuran kaya di martabak telor pada umum nya, dengan sajian kuah kari nya yang khas India, ditambah dengan irisan cabe rawit kuah asam gitu, jadi gak pake acar kaya pada umum nya. Tanpa lama lama lagi, langsung gue lahap ini martabak hahahaha, dipotong terus gue celup ke kuah kari nya, duuuuh enak banget aseli laaaah, perpaduan yang pas bangeeeeet, bikin lahap deh, abis menghabiskan satu potongan, yaa buru buru aja pengen ambil lagi. *emang dasar gue mah lahap makannya :p

Gak bisa boong, emang martabak nya ini beda, lebih tipis iya, tapi ngenyangin nya sama, lebih empuk juga, dan warna emang terkesan pucat, gak coklat dan ada hijau hijau nya kaya martabak telor biasa, tapi sama sekali rasa nya gak kalah sama martabak telor umumnya, malah lebih enak. So, gue sangat merekomendasikan temen temen untuk pesen martabak ini klo lagi berkunjung ke resto ini.

Gak cuma pengen cerita soal Martabak nya, tapi tentunya gue mau cerita tentang nasi Biriyani kambing  yang dipesen sm pacar gue. Begitu dateng, gue langsung memperhatikan dari bentuk nasi nya yang emang beda dari nasi yang biasa kita makan,

40k
ukuran nya lebih panjang, warna nya terkesan butek, dan begitu gue icip, mirip sama nasi uduk rasanya tapi lebih berasa rempah nya klo ini. Disajikan di tempat nasi ukuran kecil gitu, tapi sebenernya porsi nya banyak banget, cocok buat berdua. Jadi nasi Biriyani kambing ini perpaduan nasi uduk dan nasi kebuli, klo menurut gue hehe, si nasi Biriyani ini disajikan bersama kuah kari kambing, dan emm gue nyebutnya apa ya, semacam acar sih tapi bukan acar, karena isian nya itu irisan kol, tomat, sama timun aja. Bikin seger emang, jadi pas makan nasi Biriyani ini ya emang cocoknya dimakan bersama teman teman nya ini, si kuah kari dan irisan kol, tomat, juga timun.
Nasi Biriyani kambing ini gak kalah enak nya loh dengan si Martabak, hehe jadi gue ngerasa gak salah pilih makanan lah, secara ini makanan khas Negara sebrang kan bukan Negara sendiri, jadi takut lidahnya gak cocok, tapi percayalah, untuk dua makanan ini sih cocok banget di lidah gue, apalagi klo makannya sama kamu ~~

Untuk harga nya juga worth it kok sama apa yang kita makan, bahkan termasuk cukup murah lah buat makanan seenak ini hehehe. Bisa temen temen liat lah yaa dari menu yang gue foto.

Okedeh, segitu dulu yaa review gue soal makanan khas India ini. Next klo gue kesini lagi, gue mau nyobain Roti Tisu nya hihihi. Sampai ketemu ditempat makan khas Negara lain selanjutnyaaaa!





Salam Perut!

1 komentar: